Minggu, 16 November 2014

Kalimantan Utara... Tanjung Selor dan Tarakan...

The time for Action si now, it's never too late to do something-Antoine de Saint-Exupery. Ya, Quote di atas sepertinya cocok untuk mendeskripsikan blog saya. Late write and to start, sebenarnya niat sudah berkoban rutin menulis, eh ternyata tidak sempat, bahkan postingan saya kali ini mengenai perjalanan di Kalimantan Utara sudah lumayan lama kejadiannya. 
Perjalanan di Kalimantan Utara ini sendiri dilakukan ketika saya masih On the Job Training Kantor Perwakilan Kaimantan Timur. Selama OJT, saya sudah 2 kali melakukan perjalanan dinas ke provinsi ini beberapa bulan silam.
Pesawat ATR sebagai penghubung di Kalimantan - photo by Dickky

Tanjung Selor

Tepian Sungai Kayak photo by Dickky
 Tanjung Selor merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Bulungan yang merupakan ibukota dari salah satu provinsi termuda di Indonesia. Jangan bayangkan adanya gedung bertingkat atau ramainya kendaraan berlalu-lalang di sini, berdasarkan cerita dari salah satu pns di provinsi baru ini dikarenakan lahan yang lebih besar dari Kota Tarakan, membuat tempat ini dijadikan ibukota provinsi.
Sunset  di tepian Sungai Kayan -  photo by Dickky

Perjalanan di kota ini saya lakukan dengan cara berlari sore dari hotel mengitari kota dan menyisiri sungai Kayan. Kota ini sangat ramah bagi pelari karena jarangnya kendaraan yang berlalu lalang dan kondisi kota yang asri dan masih terlihat banyak pembenahan terhadap infrastruktur kota. Senja di Sungai Kayan pun tampak romantis dikarenakan sinar matahari tenggelam yang pas tegak lurus dengan sungai yang dapat memberikan sensasi tersendiri jika dibandingkan melihat matahari terbenam di Pantai atau Gunung.

Sungai Kayan - photo by Dickky
Di beberapa titik di sepanjang Sungai Kayan, tampak terdapat pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya mulai dari penjual durian dan lei (buah mirip durian khas Kalimantan), makanan, odong-odong dan lainnya. Bagi yang belum pernah merasakan buah lei, hal ini merupakan sensasi tersendiri dikarenakan buah ini merupakan buah yang mirip dengan buah durian dengan rasa yang berbeda.
Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Utara - photo by Dickky


Tarakan
Salah satu sudut Kota Tarakan - photo by Dickky

Kota Tarakan merupakan kota termaju di Provinsi Kalimantan Utara, infrastruktur di kota ini menurut pendapat saya sudah termasuk salah satu yang paling rapi di Indonesia. Hal ini dikarenakan secara historis, kota ini merupakan kota Minyak dan konon tempat ini adalah tempat pertama yang Jepang serang dalam merebut Indonesia dikarenakan minyak buminya yang terkenal murni.
Speed boat Tanjung Selor - Tarakan - photo by Dickky
Perjalanan dari Tanjung Selor ke Tarakan dapat dilalui menggunakan speed boat atau menggunakan pesawat. Saya sendiri melakukan perjalanan dengan menggunakan speed boat selama kurang lebih 2 jam. Speed boat tidak terlalu bergoncang dikarenakan gelombang sungai yang tidak setinggi arus lepas.
Perempatan Grand Tarakan Mall - photo by Dickky
Dibandingan dengan tetangganya, Tanjung Selor, Tarakan memiliki banyak hal yang belum dimiliki oleh Tanjung Selor, seperti Mall, Universitas, Bandara Internasional dan bahkan franchise restoran asing. Bapak Sofian Raga selaku Walikota Tarakan seingat saya pernah mengatakan bahwa Tarakan akan diarahkan menjadi kota transit di Kalimantan Utara, di mana kota ini akan menjadi pintu gerbang Provinsi Kalimantan Utara. Dari maksud tersebut tampak saya dapat menyimpulkan bahwa hal ini mungkin seperti Balikapan dan Samarinda di Kalimantan Timur, di mana Balikpapan sebagai kota Transit dan Samarinda sebagai pusat pemerintahan.
Rumah Bundar - photo by Dickky
Walaupun merupakan sebuah pulau yang terpisah dari pulau Kalimantan, Tarakan memiliki kontur berbukit-bukit, sehingga menjadi tantangan sendiri bagi pelari untuk menikmati kota Tarakan. Di Tarakan sendiri terdapat beberapa obyek wisata seperti Pantai Amal, Mangrove, Rumah Bundar dan lain-lain. Dikarenakan letak dari obyek wisata ini lumayan dari satu ke tempat lainnya dan saya melakukan perjalanan dengan berlari pada sore hari, sehingga saya hanya sempat ke Rumah Bundar sebagai museum bersejarah di Kota Tarakan. Rumah bundar ini sendiri merupakan mess/barak dari tentara Australia saat berusaha mempertahankan Tarakan dari Jepang. Saat saya melakukan perjalanan ini, berhubung sudah sore maka rumah bundar sudah tutup, namun pada perjalanan saya berikutnya, saya dapat mengunjungi museum ini.
Toko Milo - Photo by Dickky

Yang paling unik dari oleh-oleh khas Tarakan adalah barang-barang dari Malaysia seperti Milo, Apollo dan lain-lain. Barang-barang ini kebanyakan masuk secara ilegal dari Malaysia, namun dikarenakan image oleh-oleh dari Tarakan adalah barang Malaysia sehingga masih banyak tampak toko-toko yang menjual barang khas Malaysia.
Terimnal Baru di Bandara Tarakan- Photo by Dickky
Bandara di Tarakan sendiri sudah merupakan Bandara Internasional di mana terdapat rute langsung ke Tawau Malaysia, dan saat ini bandara tersebut akan segera mengoperasikan terminal barunya yang jauh lebih modern daripada terminal yang saat ini difungsikan.
Islamic Center Tarakan - photo by Dickky
Di antara kemegahan tersebut yang menurut saya menjadi kurang pas adalah masalah pemeliharaan, memang pembangunan dapat berjalan dengan baik, secara spesifikada satu tempat yang saya rasa kurang pemeliharaan yakni Islamic Center yang sudah megah berdiri namun nampak di beberapa temboknya terdapat retak-retak. Jadi mungkin ke depannya alangkah baiknya jika pemeliharaan merupakan hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan pembangunan. Dan hal ini tidak hanya terjadi di Tarakan, tetapi banyak saya temui di wilayah Indonesia yang lain.


4 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

      Hapus
  2. MAU MUDIK,TAPI SUSAH CARI TIKET YANG MURAH...!!!!!
    JANGAN KUWATIR SEKARAN TELAH DI BUKA TIKE YANG PALING MURAH
    DISKON 25% DARI HARGA STANDAR,BERLAKU DI SETIAP MASKAPAI LAGI...WAOOOU. PENASARAN...???
    CARANYA GAMPANG CUKUP BUKA BLOGNYA DI >>> Travelajengfitri.blogspot.com
    TIKET MURAH PROMO SAMPAI 17 JULI 2016.
    BUAT YANG MINAT PESAN SEKARANG JUGA,CARANYA HUBUNGI DI NOMOR 0812-14791541.

    BalasHapus
  3. WASSALASSALAMUALAIKUM
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa jalankan usaha sy lg
    yang sempat Bangkrut beberapa THN yng Lalu Dililit UTANG RP.15.MILIAR namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama KI RIDWAN ABDULLAH di Nomor Telpon (+62812-9483-0091) ATAU KLIK DISINI http//ritualkiridwan.blogspot.com di jamin bantuan beliau 100% berhasil.�
    BANTUAN DARI ki,RIDWAN ABDULLAH
    1.PESUGIHAN
    2.USAHA BANGKRUT
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi KI RIDWAN ABDULLH.

    BalasHapus